A. Visi UPT Puskesmas Cikelet
“ Terwujudnya Pelayanan
Prima Dalam Rangka Membangun Kesehatan Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih
Sehat Menuju Cikelet Sehat ’’
B. Misi UPT Puskesmas Cikelet
1. Meningkatkan promotif dengan mengedepankan peran Promkes.
1. Meningkatkan promotif dengan mengedepankan peran Promkes.
2. Menggerakan masyarakat
untuk berperilaku hidup bersih dan sehat melalui kegiatan PHBS.
3. Meningkatkan kesehatan berbasis masyarakat melalui Desa Siaga.
4. Meningkatkan pelayanan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif melalui peranan Promkes dan Surveilans.
5. Menggerakan institusi masyarakat untuk peduli terhadap program kesehatan.
3. Meningkatkan kesehatan berbasis masyarakat melalui Desa Siaga.
4. Meningkatkan pelayanan preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif melalui peranan Promkes dan Surveilans.
5. Menggerakan institusi masyarakat untuk peduli terhadap program kesehatan.
C. Motto UPT Puskesmas Cikelet
“ Mengedepankan 5S untuk
meningkatkan pelayanan”
5S (Senyum, Sapa, Salam,
Sopan, Santun)
4. Tata Nilai UPT Puskesmas
Cikelet
1) CEKATAN DALAM BERTINDAK :
- Cepat mengambil keputusan dalam memberikan pelayanan atau tindakan kesehatan, terhadap kasus/masalah yang bisa bersifat mendadak (emergency) maupun mendesak (urgency).
- Tepat dalam melaksanakan proses pelayanan kesehatan sesuai prosedur tetap (protap) atau standar operasional prosedural (SOP) yang telah ditentukan.
2) INOVASI DALAM BERKERJA :
- Hasil kegiatan pelayanan diarahkan secara bertanggung jawab terhadap institusi internal didalam lingkup pelayanan kesehatan dan kepada institusi eksternal diluar lingkungan pelayanan kesehatan.
- Tanggung jawab terhadap masyarakat, sangat penting sekali karena nyangkut upaya peningkatan pemberdayaan derajat kesehatan masyarakat secara holistik.
3) NETRAL DALAM PELAYANAN :
- Menunjukkan keterbukaan pelayanan, dengan aturan kerja yang jelas, ringkas dan tuntas, sehingga bisa dipahami oleh sasaran pelayanan.
- Menunjukkan keterbukaan anggaran, sesuai tata hukum dan peraturan yang berlaku dalam lingkup pelayanan kesehatan.
4) TELITI DALAM BERKERJA :
- Disiplin Kerja : menegakkan semangat kerja dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat atau sasaran pelayanaan.
- Disiplin Administrasi : melakukan pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan pelayanan secara tertib, teratur, terarah, terbuka dan terukur.
5) AMANAH DALAM PELAYANAN :
- Masyarakat sebagai subyek pelayanan, berhak menentukan jenis pelayanan kesehatan yang terbaik sesuai masalah yang dihadapinya.
- Masyarakat sebagai obyek pelayanan, wajib mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu agar mencapai derajat kesehatan yang optimal.
- Menunjukkan keterbukaan anggaran, sesuai tata hukum dan peraturan yang berlaku dalam lingkup pelayanan kesehatan.
- Peningkatan pemberdayaan derajat kesehatan masyarakat secara holistik.
5. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai UPT Puskesmas Cikelet dalam melaksanakan pelayanan dasar atau pelayanan publik yang mendasar dan mutlak untuk memenuhi kebutuhan dasar yang layak dalam kehidupan, yang tertuang dalam konsep standar pelayanan minimal (SPM)puskesmas.
Tujuan tersebut antara lain :
a. Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terutama masyarakat miskin.
b. Meningkatkan kualitas gizi keluarga dan masyarakat.
c. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap ibu, anak dan usia lanjut.
d. Telindunginya masyarakat dari penyakit menular.
e. Terciptanya lingkungan yang sehat.
f. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan.
g. Meningkatkan kapasitas sumber daya, sarana dan prasarana kerja serta kualitas aparatur.
1) CEKATAN DALAM BERTINDAK :
- Cepat mengambil keputusan dalam memberikan pelayanan atau tindakan kesehatan, terhadap kasus/masalah yang bisa bersifat mendadak (emergency) maupun mendesak (urgency).
- Tepat dalam melaksanakan proses pelayanan kesehatan sesuai prosedur tetap (protap) atau standar operasional prosedural (SOP) yang telah ditentukan.
2) INOVASI DALAM BERKERJA :
- Hasil kegiatan pelayanan diarahkan secara bertanggung jawab terhadap institusi internal didalam lingkup pelayanan kesehatan dan kepada institusi eksternal diluar lingkungan pelayanan kesehatan.
- Tanggung jawab terhadap masyarakat, sangat penting sekali karena nyangkut upaya peningkatan pemberdayaan derajat kesehatan masyarakat secara holistik.
3) NETRAL DALAM PELAYANAN :
- Menunjukkan keterbukaan pelayanan, dengan aturan kerja yang jelas, ringkas dan tuntas, sehingga bisa dipahami oleh sasaran pelayanan.
- Menunjukkan keterbukaan anggaran, sesuai tata hukum dan peraturan yang berlaku dalam lingkup pelayanan kesehatan.
4) TELITI DALAM BERKERJA :
- Disiplin Kerja : menegakkan semangat kerja dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat atau sasaran pelayanaan.
- Disiplin Administrasi : melakukan pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan pelayanan secara tertib, teratur, terarah, terbuka dan terukur.
5) AMANAH DALAM PELAYANAN :
- Masyarakat sebagai subyek pelayanan, berhak menentukan jenis pelayanan kesehatan yang terbaik sesuai masalah yang dihadapinya.
- Masyarakat sebagai obyek pelayanan, wajib mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu agar mencapai derajat kesehatan yang optimal.
- Menunjukkan keterbukaan anggaran, sesuai tata hukum dan peraturan yang berlaku dalam lingkup pelayanan kesehatan.
- Peningkatan pemberdayaan derajat kesehatan masyarakat secara holistik.
5. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai UPT Puskesmas Cikelet dalam melaksanakan pelayanan dasar atau pelayanan publik yang mendasar dan mutlak untuk memenuhi kebutuhan dasar yang layak dalam kehidupan, yang tertuang dalam konsep standar pelayanan minimal (SPM)puskesmas.
Tujuan tersebut antara lain :
a. Meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat terutama masyarakat miskin.
b. Meningkatkan kualitas gizi keluarga dan masyarakat.
c. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap ibu, anak dan usia lanjut.
d. Telindunginya masyarakat dari penyakit menular.
e. Terciptanya lingkungan yang sehat.
f. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan.
g. Meningkatkan kapasitas sumber daya, sarana dan prasarana kerja serta kualitas aparatur.
No comments:
Post a Comment