Sunday, 31 January 2016

Sekolah Standar Nasional

Sekolah standar nasional (SSN), merupakan sekolah yang telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang berarti memenuhi tuntunan SPM sehingga diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan yang standar dan menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai dengan Standar Nasional yang ditetapkan. Berikut ini komponen standar yang dimaksud:


Komponen Infut

Aspek siswa, sarana prasarana dan pembiayaan serta aspek infut harapan (Visi, MIsi, Tujuan, dan Sasaran).

Indikator Tenaga Pendidikan Bagi SSN

  1. Memiliki tenaga kependidikan yang cukup jumlahnya.
  2. Kualifikasi dan kompetensi yang memadai sesuai dengan tingkat pendidikan yang ditugaskan.
  3. Tida mismatched. Berkaitan dengan aspek kesiswaan, ada enam hal yang yang harus diperhatikan:
  • Penerimaan siswa baru
  • Penyiapan belajar peserta didik
  • Pembinaan dan pengembangan
  • Pembimbingan
  • Pemberian kesempatan
  • Evaluasi hasil belajar siswa

Disamping itu ditekankan pula pada kondisi siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah meliputi rasio siswa per rombongan belajar dan rasio pendaftar terhadap siswa yang diterima.

Infut yang berkaitan dengan sarana dan pemibiayaan mencakup ruang kelas, seperti :
  • Laboratorium
  • Perpustakaan
  • Ruang kepala sekolah
  • Ruang keterampilan/kesenian/komputer
  • Ruang administrasi
  • Kamar kecil
  • lahan terbuka
  • Fasilitas pendukung dan pembiayaan
Komponen proses meliputi asfek kurikulum dan bahan ajar, asfek proses belajar mengajar dan penilaian, dan asfek manajmen dan kepemimpinan. Sedangkan komponen output mencakup asfek prestasi belajar siswa, aspek prestasi guru dan kepala sekolah dan asfek prestasi sekolah.

Kriteria Sekolah Standar Nasional


>> Umum
  • Memiliki rata-rata NUAN minimal 6,0
  • Jumlah rata-rata NUAN minimal 6,35
  • Ada kecenderungan rata-rata NUAN tetap atau diprioritaskan yang naik
  • Termasuk sekolah yang tergolong kategori baik di kota, yaitu memiliki tenaga guru dan sarana pendidikan yang cukup, serta memiliki prestasi yang baik
  • Sekolah memiliki potensi yang kuat untuk berkembang
  • Bukan sekolah yang didukung oleh yayasan yang memiliki pendanaan yang kuat, baik dari dalam maupun luar negeri
>> Khusus
  • Sekolah memiliki kebijakan, tujuan dan sasaran mutu yang jelas
  • Sekolah memiliki sumberdaya manusia yang kompeten dan berdedikasi tinggi
  • Sekolah memiliki pasilitas yang memadai
  • Sekolah memiliki kepedulian pada kualitas pembelajaran
  • Sekolah menerapkan evaluasi secara berkelanjutan
  • Kegiatan ekstrakurikulernya menunjukan peningkatan
  • Sekolah memiliki manajmen yang bagus
  • Sekolah memiliki kepemimpinan yang handal
  • Sekolah memiliki program-program yang inovatif
  • Sekolah memiliki program yang jelas sesuai dengan kondisi objektif sekolah
  • Program sekolah dibuat dengan melibatkan seluruh warga sekolah
  • Sekolah memiliki administrasi keuangan yang transparan
  • Hubungan kerjasama antara warga sekolah berjalan harmonis
  • Kerjasama antara sekolah dengan masyarakat sekitar berjalan dengan baik
  • Ruang kelas, laboratorium, kantor dan KM/WC serta teman sekolah bersih dan terawat
  • Lingkungan sekolah bersih, tertib, rindang, dan aman
  • Guru dan tenaga kependidikan tampak antusias dalam mengajar dan bekerja
  • Hasil UAN siswa menunjukan kecendrungan meningkat
  • Sekolah menerapkan reward system dan merit system secara baik
  • Sekolah memiliki program peningkatan kinerja profesional guru dan tenaga kependidikan lainya.





Popular

Advertisement