Tuesday 19 January 2016

System Kelenjar Endokrin

The Endrocine System

Sistem endokrin bekerja bersama saraf untuk mengatur aktivitas tubuh. Aktivitas-aktivitas tubuh yang dipengaruhi oleh sistem endokrin adalah sebagai berikut: Reproduksi dan laktasi proses sistem kekebalan, keseimbangan asam basa, asupan cairan, keseimbangan volume cairan intraseluler dan ekstraseluler, metabolisme karbohidrat, digesti, absorpasi, dan distribusi nutrien tekanan darah, adaptasi terhadap lingkungan.


Kelenjar-kelenjar sistem pada endokrin

Kelenjar hipofisis/pituitari: Organ ini melekat pada bagian dasar hipotalamus otak pada batang. Hipofisis terletak pada lekukan berpelana di tulang spenoid. 
Kelenjar tiroid: "organ endokrin yang terletak dileher manusia adalah kelenjar tiroid. Kelenjar ini merangsang hampir setiap jaringan tubuh untuk menghasilkan protein dan meningkatkanjumlah oksigen yang digunakan oleh sel".

Kelenjar paratiroid: hormon ini mengendalikan keseimbangan kalsium dan fosfot dalam tubuh melalui peningkatan kadar kalsium darah dan penurunan kadar fosfot darah. Kelenjar ini terletak di dekat kelenjar tiroid.

Kelenjar adrenal: Berada di kutub atas ginjal. Fungsi hormon ini mempersiapkan tubuh terhadap aktivitas fisik yang merespon kegembiraan, cedera, stress, latihan, penurunan kadar gula darah.
Fungsi adrenalis: "Kortex, keseimbangan elektrolit, dan air dalam tubuh keseimbangan karbihidrat, memelihara jaringa interseluler",
Menjaga ketahanan:sterss, medulla menghasilkan hormon epineprin dan noerpinefrin.


  • Pangkreas endokrin: terletak dibawah lambung dalam abdomen. Pulau langerhas (islet Langerhas) terletak diantara sel acini. 
  • Sel alfa: menghasilkan glukagon. 
  • Sel beta: menghasilkan insulin. 
  • Sel delta: menghasilkan hormon pertumbuhan.


Kelenjar pineal: kelenjar pineal terletak dilangit-langit ventrikel ketiga otak. Kelenjar ini terbentuk dari jaringang saraf.
Kelenjar timus: terletak dibagian posterior toraks terhadap sterum dan melapisi bagian atas jantung.


Penjelasan selanjutnya 

Popular

Advertisement